Saturday, February 21, 2009

Balap Mobil A1 Lippo Karawaci Jadi Kalender Tahunan

JAKARTA (KONTEKAJA) - Pemilik Lippo Group James Ryadi menegaskan bahwa balap mobil A1 akan digelar 6-8 November 2009 di Lippo Karawaci, Tangerang, dan akan menjadi kalender tahunan lomba yang antar negara itu.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh James Ryadi kepada Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Adhyaksa Dault di Kantor Menegpora di Senayan Jakarta, Rabu.

Menurut James, pihak Federasi Otomotif Internasional (FIA) memang telah membatalkan penyelenggaraan pada 6-8 Februari 2009 karena khawatir dengan persiapan panitia, tapi Lippo Karawaci akan tetap menjadi penyelenggara pada 6-8 November 2009.

"Untuk tahun-tahun mendatang, event di Lippo Karawaci akan masuk dalam kalender A1 karena memang lintasan dan semua fasilitas sudah rampung," katanya.

Pihak FIA menurut James sebenarnya sudah meyakini bahwa sirkuit di Lippo Village sudah rampung tepat pada waktunya untuk penyelenggaraan 6-8 Februari 2009, tapi mereka tetap khawatir dengan cuaca hujan dan mereka tidak mau mengambil resiko.

Lebih jauh James mengatakan, pihaknya melihat bahwa lomba otomotif seperti A1 akan memberikan peluang bisnis yang dapat mengangkat citra Indonesia di dunia internasional.

"Lippo Village yang akan menjadi ajang lomba bisa menampung sekitar 150.000 penonton dan ini merupakan sebuah peluang bisnis yang harus dimanfaatkan. Selain itu, lomba di jalanan merupakan suatu hal yang unik dan tidak semua negara bisa menggelarnya," katanya.

Sebagai ganti penyelenggaraan A1 pada 6-8 Februari 2009, panitia akan menggelar GT Car sebagai ajang ujicoba.

Sementara itu Menegpora Adhyaksa Dault menyambut hangat rencana Lippo Karawaci untuk tetap menggelar A1 dan pemerintah akan berusaha mendukung sepenuh event tersebut.

"Pemerintah sangat berterima kasih adanya keinginan Lippo Group untuk meningkatkan prestasi olahraga otomotif Indonesia. Apalagi, keinginan itu bisa membawa nama harum bangsa dan negara di dunia internasional," kata Adhyaksa.ant

0 comments:

Post a Comment